Mengenal apa itu SSD dan jenis-jenisnya 2019

ardianatechno.blogspot.com
Jenis-jenis SSD


SSD merupakan media penyimpanan generasi terbaru, yang berbasis teknologi flash memory untuk menyimpan data. Solid State Disk atau yang kita kenal dengan sebutan SSD adalah suatu perangkat penyimpanan data yang dibutuhkan untuk mempercepat booting, reading (membaca), writing(menulis) data.

Ada bebrbagai macam serta jenis-jenis SSD yang ada hingga kini, dan masing-masing jenis SSD ini berbeda baik dari segi bentuk dan tampilan, kecepatan read dan write datanya hingga harganya, mari kita simak di bawah ini ;


1. SSD SATA 2.5 inch

ardianatechno.blogspot.com ardianatechno.blogspot.com
SSD jenis ini tampilannya hamper sama dengan HDD (hardisk) pada laptop 2.5 inch. Untuk SSD jenis ini biasanya dipakai untuk laptop maupun PC untuk menambah kecepatan booting, read, dan write data menggantikan Hardisk.

Untuk harganya sendiri jenis SSD SATA ini bisa dibilang paling murah dari jenis-jenis SSD lainnya, dikarenakan kecepatan rata-rata SSD jenis ini biasanya hanya sampai kurang lebih 500 MB/s untuk kecapatan baca dan tulisnya.

2. SSD M.2 SATA

ardianatechno.blogspot.com
Untuk SSD jenis satu ini bentuk dan tampilannya hamper sama dengan RAM, dibuat dan didesign seperti itu karena SSD ini dikhususkan untuk Notebook dan Laptop. Tujuannya adalah untuk menghemat tempat dan mengurangi berat laptop itu sendiri.

Untuk segi kecepatannya sendiri jenis SSD ini mirip dengan SSD SATA 2.5 inch yaitu kurang lebih 500 MB/s untuk read dan write datanya, hanya berbeda dari segi bentuknya saja.

SSD ini memiliki type ukuran dimensi yang berbeda – beda ada yang 22mm x 42mm / 22mm x 60mm / 22mm x 80mm / 22mm x 110mm.

3. SSD mSATA

ardianatechno.blogspot.com
Jenis SSD ini hamper sama persis dengan SSD m.2 SATA, hanya berbeda dari segi ukuran dan bentuknya saja, untuk kecepatan read dan write datanya sama dengan SSD M.2 SATA dan juga digunakan untuk perangkat computer mobile seperti laptop dan notebook.

4. SSD M.2 NVMe

ardianatechno.blogspot.com
Jenis SSD ini bentuk dan tampilannya sama dengan SSD M.2 hanya saja ukurannya lebih kecil. Untuk segi kecepatan nya SSD jenis ini 3x lebih cepat dari SSD M.2 bahkan SSD jenis ini diclaim paling cepat hingga saai ini. 

Itu dikarenakan SSD ini menggunakan teknologi NVMe (Non-Vilotile Memory Express) teknologi ini adalah perkembangan standar AHCI (Advanced Host Controller Interface) yang membuat performa SSD NVMe akan lebih cepat.

Perlu diperhatikan, untuk memasang jenis SSD ini di perangkat kalian pastikan spesifikasi Motherboard support untuk SSD NVMe, karena biasanya untuk Motherboard lawas tidak bisa untuk dipasang SSD ini.

5. SSD PCIe

ardianatechno.blogspot.com
SSD jenis PCIe ini menggunakan interface PCIe yang mempunyai performa dan kinerja yang lebih baik dari jenis SSD SATA. SSD ini biasanya digunakan pada perangkat Komputer Desktop karena bentuk dan ukurannya cukup besar.